Babinsa Koramil 08/Purwanegara Hadiri Silaturahmi Forum Kerukunan Umat Beragama

Banjarnegara – Babinsa Koramil 08/Purwanegara Kodim 0704/Banjarnegara ikut menghadiri Silaturahmi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Aula Kantor Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara. Kamis (28/10/21).

Pelda Imron menuturkan pentingnya Silaturahmi kerukunan umat beragama. Mengingat Kondisi kehidupan keagamaan di Kecamatan Purwanegara diwarnai dengan keberagaman umat beragama.

“Kita sudah terbiasa hidup berdampingan antar umat beragama secara damai dalam semangat kesatuan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Pelda Imron.

Namun terang Imron, sikap menerima perbedaan saja tanpa pemahaman yang mendalam akan hakikat  sesungguhnya dari perbedaan itu ternyata masih rentan terhadap konflik.

“Biasanya dilatari kepentingan individu maupun kelompok dan kepentingan politik maupun ekonomi dengan memanfaatkan sentimen dan simbol-simbol keagamaan sebagai pemicu terjadinya konflik. Untuk itu, perlu dilakukan dialog tentang pengembangan Wawasan Multikultural melalui Sosialisasi Forum Kerukunan Umat Beragama,” jelas Imron.

Jadi, sambungnya, penyuluhan kerukunan beragama ini diharapkan semakin merukunkan kehidupan  antar umat beragama.”Kami minta saling menjaga toleransi meski berbeda agama dan keyakinan. Semua harus saling menghormati dan menjaga kedamaian.Mari jaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ajaknya.

Senada Camat Purwanegara bapak Yogo Pramono S.Sos berharap Silaturahmi  Kerukunan Umat Beragama bisa dipahami  karena pertemuan ini bertujuan untuk menjaga kerukunan antar dan intern umat beragama.

Kata Yogo Pramono, memeluk agama adalah hak setiap warga negara dan dilindungi oleh undang-undang (UU). Oleh karena itu masyarakat harus menjaga hubungan umat beragama dengan cara toleransi, jangan perbedaan keyakinan membuat perpecahan. Perbedaan harus disikapi dengan baik melalui persatuan dan kesatuan.

Yogo juga mengimbau, pengurus FKUB agar melakukan pendataan rumah ibadah dan pemeluk umat beragama secara menyeluruh, serta aturan-aturan pendirian rumah tempat ibadah.

“Karena pembentukan karakter anak-anak dimulai dari pendidikan agama baik formal maupun informal dan sekolah wajib menyediakan tempat ibadah serta guru agama untuk memberikan pemahaman secara detail termasuk soal keberagaman di Indonesia,” sebutnya.

Dalam pada itu,  Kapolsek Purwanegara AKP Slamet Wisnu Adhi S.H mengimbau kepada seluruh  masyarakat, khususnya di Kecamatan Purwanegara harus tetap menjaga  Kerukunan Umat Beragama .

“Persoalan agama itu sangat sensitif. Jadi jangan kita melihat bagaimana perbedaan dalam kehidupan beragama.Tapi kita harus melihat mereka, sebagai orang Indonesia dan Pancasila.Jadi, mari kita jaga kerukunan beragama, kalau tidak kita,  siapa lagi,” tukasnya. (Pendimbna).

Bagikan info ini :

Info lainnya

Leave a Comment